Selasa, 30 Mei 2017

Genjot Xenon HD, ini strategi Tata Motors




PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 30/05/2017 - Agen pemegang merek Tata Motors di Indonesia, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), berambisi untuk menggenjot penjualan salah satu produk teranyar mereka yang diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, Xenon Heavy Duty (HD).

Pasalnya, menurut Manajer Brand Kendaraan Niaga TMDI, Wilda Bachtiar, penjualan lini produk Xenon cukup menjadi anomali tersendiri bagi Tata sehingga pihaknya berusaha menggalakkan strategi khusus untuk menggenjot penjualan produk tersebut.

"Kami sedang membuat edukasi ke salesman kami, supaya mereka lebih percaya diri," kata Wilda di sela-sela temu media di Jakarta, Senin.

"Soalnya, dari tampangnya Xenon ini kelihatan heavy, mobil pick up yang kemampuannya mirip-mirip truk. Otomatis pelanggan lihat produk tanpa melihat spesifikasi tetapi langsung menguji muatan," ujarnya menambahkan.

Oleh karena itu pula, Tata menempuh strategi kedua yakni menggiatkan beragam aktivitas pelanggan untuk membuktikan kemampuan Xenon.

"Kepada khlayak kami juga membuat beberapa event activity untuk memberikan bukti bahwa Xenon HD ini muatannya bisa lebih berat, kemampuannya di tanjakan terjal mumpuni, bahkan bisa mengalahkan kompetitor," katanya.
Tata berencana mulai menggencarkan kampanye penjualan untuk Xenon HD mulai Juni 2017 mendatang, meski Wilda tak mengungkapkan seberapa banyak aktivitas penjualan yang melibatkan pelanggan akan digelar.

Lebih lanjut, Wilda menuturkan, berbekal kemampuan Heavy Duty yang kini disematkan dalam salah satu varian Xenon, bukan tidak mungkin membuat pick up mereka itu merambah ke pasar konsumen yang selama ini lebih cenderung menggunakan truk ringan.

"Di sebagian daerah memang begitu. Misalnya di Sulawesi sana, ada juga konsumen yang biasanya pakai trup empat roda kemudian melihat Xenon ini yang mereka nilai sebagai pick up dengan kemampuan mirip truk sehingga beralih," kata Wilda.

"Selisih harga bisa jadi pertimbangan juga, karena kalau ambil truk cuma dapat satu ambil Xenon bisa dapat dua," ujarnya menambahkan.

Sejak diluncurkan pada IIMS 2017 tersebut, pihak TMDI masih merahasiakan kisaran harga yang akan dibanderol untuk Xenon HD.

Xenon HD rencananya akan mulai disediakan TMDI untuk pasar Indonesia pada Agustus 2017 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar