Selasa, 14 Januari 2020

PT KP PRESS || OTO|| Juara balap Toyota GR Yaris dijual tahun ini


PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 14/01/2020 - Toyota akhir pekan lalu meluncurkan Toyota GR Yaris terbaru dan mulai 10 Januari model ini sudah bisa dipesan secara daring untuk konsumen di Jepang.

Toyota mengatakan akan memulai penjualan GR Yaris ini pada musim panas mendatang, khusus untuk model RZ edisi pertama.

Pemesanan dahulu yang dibuka mulai 10 Januari lalu bakal ditutup enam bulan kemudian 30 Juni 2020.

Belajar dari bersaing di Kejuaraan Reli Dunia (WRC), Toyota mengembangkan GR Yaris bersama dengan Tommi Mäkinen Racing hingga menjadi pemenang WRC, sebagai model orisinal dari jajaran mobil sport TOYOTA GAZOO Racing.

GR Yaris dikembangkan menjadi mobil yang merespons permintaan pengemudi di semua jenis jalan di seluruh dunia.

Singkatnya, GR Yaris dimaksudkan untuk menjadi mobil yang memungkinkan siapa saja untuk mengemudi sesuai keinginan dengan ketenangan pikiran, kata Toyota dalam pernyataannya, dikutip Selasa.

GR Yaris menggunakan platform sports 4WD berdasarkan pendekatan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Mengambil umpan balik dari pengalaman WRC nyata, TOYOTA GAZOO Racing membangun GR Yaris dari awal untuk mencapai tubuh dengan kekakuan tinggi, keseimbangan yang sangat halus, sementara juga mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Dengan menggabungkan platformnya dengan sistem sport 4WD "GR-FOUR", upaya dilakukan untuk mencapai tingkat kinerja dinamis yang tinggi.

Bodi atasnya, selain menggunakan aluminium untuk kap, tutup bagasi, dan panel pintu, dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon yang dibentuk menggunakan metode compound moulding, yang mengakomodasi tingkat kebebasan tinggi dalam desain bentuk.

Kabin tipe tiga pintu yang tegas menunjukkan kinerja aerodinamis yang sangat baik, sementara bobot yang ringan masih tercapai.



Di antara variasi mesin GR Yaris yang tersedia, mesin turbo direct-injection tiga silinder segaris 1.6 liter adalah unit daya tinggi kompak dan ringan yang baru dikembangkan.

Selain pembakaran berkecepatan tinggi dari mesin TNGA, dengan meningkatkan putaran mesin melalui penggunaan komponen yang bergerak ringan, dan dengan mengoptimalkan turbocharger dan elemen lain dari sistem pemasukan dan pembuangan udara, GR Yaris menyuguhkan tenaga 200 kW (272 PS).

Dikombinasikan dengan enam percepatan iMT (Intelligent Manual Transmission), yang memungkinkan pergantian gigi secara ritmis, mesin ini diklaim memberikan akselerasi luar biasa dan memungkinkan pengguna mengalami peningkatan putaran mesin yang terasa nyaman.

Selain itu, sistem 4WD sport "GR-FOUR" yang baru dikembangkan, yang menggunakan sistem tenaga penggerak variabel depan dan belakang yang diaktifkan oleh kopling multi-pelat, mentransfer daya mesin baru ke keempat roda dengan lebih maksimal.

Kebebasan distribusi tenaga penggerak antara roda depan dan belakang telah meningkat, memungkinkan kontrol halus yang cocok dengan kondisi permukaan jalan. Kemajuan ini menghasilkan stabilitas mengemudi yang lebih tinggi.

Produksi akan dilakukan pada jalur produksi khusus di Pabrik Motomachi Toyota, yang memiliki rekam jejak yang panjang dan solid dalam pembuatan mobil sport, dan rencana perakitan akan dilakukan oleh anggota tim takumi.

Harga GR Yaris edisi khusus RZ dibanderol 3,96 juta yen atau sekira Rp491,5 juta (termasuk pajak konsumsi), dan tipe RZ edisi khusus High Performance dihargai 4,56 juta yen atau Rp566 juta (termasuk pajak konsumsi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar