Rabu, 09 November 2016

ANTM & Newcrest eksplorasi cadangan emas


PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 09/11/2016 - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) siap mengeksplorasi tambang baru, seusai menggandeng Newcrest Mining Limited. Demi mencari cadangan baru emas, ANTM membidik beberapa wilayah di Indonesia.
ANTM baru-baru ini membentuk aliansi strategis dengan Newcrest. Aliansi ini bertujuan melakukan eksplorasi emas dan deposito tembaga di Indonesia.
Sekretaris Perusahaan ANTM Trenggono Sutiyoso menjelaskan, kerjasama ini untuk kegiatan eksplorasi, yang diharapkan menemukan cadangan baru di Indonesia. Kelak, ANTM dan Newcrest akan berinvestasi, baik menambang maupun mengolah emas.
Saat ini kedua perusahaan masih tahap perencanaan eksplorasi. Daerah mana dan kapan waktu pelaksanaan masih menunggu hasil kajian. Yang pasti, target area eksplorasi berada di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Selatan, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Halmahera dan Kepulauan Maluku.
Trenggono juga enggan berspekulasi berapa peningkatan belanja modal tahun depan dengan rencana eksplorasi ini. "Setelah cadangan ketemu, baru ada peningkatan capex signifikan," ungkap dia.
Direktur Keuangan ANTM Dimas Wikan mengharapkan, eksplorasi ini bisa menambah pendapatan ANTM melalui bisnis Geomin. Unit Geomin adalah salah satu unit operasi ANTM yang mengembangkan dan mencari sumber daya mineral baru.
"Nantinya Geomin dibayar untuk jasa eksplorasi emas ini," kata dia.
Manajemen ANTM optimistis bisa mencapai target kinerja tahun ini. ANTM memproyeksikan penjualan emas sebesar 10.996 kilogram. Emiten ini memang memangkas target penjualan 2016 akibat perubahan kebijakan di pasar utama ekspor.
Hingga kuartal III-2016, penjualan emas ANTM sudah mencapai 8.068 kg, menurun 56% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan feronikel yang menjadi penyumbang terbesar kedua, juga menyusut 10% year-on-year menjadi 12.095 ton di kuartal III-2016.
"Penjualan masih on the track," kata Dimas. Hingga akhir tahun ini, ANTM terus mengembangkan market penjualan emas seiring tren harga komoditas yang meningkat. Khususnya di pasar ekspor dengan memanfaatkan skema free trade agreement di pasar ASEAN.
Kontakperkasa futures bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar