Selasa, 21 November 2017

Secara Teori Setnov Selamat Berkat Crumple Zone pada Toyota Fortuner

PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 21/11/2017 - Beredar foto kecelakaan mobil yang melibatkan Ketua DPR RI Setya Novanto, di daerah Permata Hijau, Jakarta Selatan (16/11).
Berdasarkan foto itu, terlihat Toyota Fortuner TRD Sportivo mengalami ringsek di bagian depan meliputi bumper, gril dan sebagian kap mesin.
Itu adalah Toyota Fortuner generasi pertama yang dari bentuknya, merupakan versi dari facelift kedua yang sudah dimulai sejak tahun 2012.
Toyota Fortuner, sejak generasi pertama sudah dilengkapi struktur crumple zone pada desain bodinya
Crumple zone adalah zona yang secara khusus dirancang lebih rapuh terhadap tumbukan sehingga mampu menyerap energi benturan atau energi kinetik dari arah berlawanan.
Kondisi mobil Toyota Fortuner yang membawa Setya Novanto pasca-laka di kawasan Permata Hijau, Kamis (16/11/2017) petang.

Secara kasatmata crumple zone terlihat dari bentuk tekukan, siku atau pelat bolong pada bodi, misalnya kap mesin.
Jadi bila tertabrak atau menabrak, crumple zone ini lah yang akan remuk dan menyerap energi benturan dengan tujuan mampu meminimalisir energi yang sampai ke kabin sebagai zona utama.
Tujuannya jelas, kabin dan isinya terutama penumpang lebih aman saat terjadi kecelakaan.
"Crumple zone pada Toyota Fortuner ada di bagian depan, samping dan belakang," ucap Iwan Abdurahman, Technical Service Division, PT Toyota Astra Motor.
Artinya secara konstruksi, crumple zone pada Toyota Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto justru menunjukkan kesuksesannya dengan hasil akhir yang remuk.
Tak hanya itu, fitur keselamatan pada Toyota Fortuner generasi pertama sudah cukup lengkap.
Selain seatbelt, Toyota Fortuner juga sudah dilengkapi airbag untuk kian meningkatkan nilai keselamatan.
Bisa dikatakan, secara teori, sistem keselamatan pada Toyota Fortuner sudah mampu memberi kita harapan agar Ketua DPR RI Setya Novanto tidak mengalami cidera yang parah akibat kecelakaan itu. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar